31 Juli 2008

Ini Dia Bupati Punya Hobi

Bupati Lombok Tengah, Lalu Ngoh adalah seorang penggemar kuda balap. Ia memelihara banyak binatang pacuan itu. Sekedar menjalankan hobi. Lapangan pacuan yang ada di Praya dimanfaatkan selain sebagai tempat penyelenggaraan lomba pacuan, juga sebagai tempat Lalu Ngoh mengadakan rehat dengan memanjakan kuda-kuda piaraannya.

Jumlah sekian ekor kuda yang dipelihara Pak Bupati membutuhkan dana perawatan yang tidak sedikit. Menurut pendapat seorang warga di Praya, sebagain dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dialokasikan untuk biaya perawatan kuda-kuda piaraan Lalu Ngoh.

Kuda-kuda itu dipelihara di beberapa tempat di kabupaten Lombok Tengah, di bawah pengawasan warga setempat yang menjadi orang kepercayaan Bupati. Menurut pendapat sebagian warga, mereka yang dengan tidak sengaja misalnya menabrak atau melukai kuda milik Bupati, akan diminta ganti rugi. Tidak jarang ganti rugi material itu terasa memberatkan pihak yang dituduh bersalah.

Lalu Ngoh sedemikian mencintai hobinya itu, sehingga kecintaannya kepada kuda, melebihi kecintaannya kepada rakyat. Bahkan tindakan mengalokasikan anggaran daerah untuk binatang pacuan merupakan bukti pengabaian Lalu Ngoh terhadap rakyat, demi hobinya sendiri.

Tidak ada komentar: